Rumus Counta Excel dan Contohnya
Pengertian Rumus COUNTA Excel
Apa itu rumus COUNTA excel?
Fungsi Counta atau biasa disebut sebagai Rumus Counta adalah rumus excel yang digunakan untuk menghitung data semua sel yang berisi angka maupun huruf (text) dan sel yang tidak kosong dalam suatu range
Fungsi counta ini berbeda dengan fungsi count, seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Baca selengkapnya: Rumus Count Excel dan Contohnya
Cara menggunakan rumus counta excel ini juga sangat mudah, seperti halnya menggunakan rumus count excel. Untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari cara menggunakan rumus counta excel beserta contoh penggunaanya.
Cara Menggunakan Rumus Counta Excel
Sebelum menggunakan rumus counta sebaiknya ketahui terlebih dahulu penulisan sintaks rumus counta excel yang benar
Sintaks Rumus Counta
=COUNTA(value1; [value2]; ...)
Keterangan Sintaks fungsi COUNTA:
value1 : Item pertama berupa referensi range atau sel yang berisi angka (number) maupun huruf (text) yang ingin kita hitung jumlah datanya
value2, ... : Item kedua dan seterusnya hanya sebagai Opsional dan maksimal hanya sampai 255 item tambahan referensi range atau sel lain yang berisi angka (number) maupun huruf (text) atau sel yang tidak kosong yang ingin kita hitung jumlah datanya.
Contoh Penggunaan Rumus Counta Microsoft Excel
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal menghitung jumlah data dengan menggunakan rumus COUNTA pada tabel excel dibawah ini
Penjelasan:
Untuk menghitung jumlah data nama yang terdapat pada kolom B, kita gunakan rumus =COUNTA(B2:B6) maka hasilnya 5.
Untuk menghitung data pesanan yang terdapat pada kolom B, kita gunakan rumus =COUNTA(C2:C6) maka hasilnya 4, kenapa hasilnya 4? karena cell kosong yang terdapat pada kolom B tidak ikut terhitung.
Demikian penjelasan Rumus COUNTA Excel ini semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi.
0 Response to "Rumus Counta Excel dan Contohnya"
Post a Comment